Posted by: anggaway89 | April 1, 2010

POLA MAKAN SEHAT BAGI LANSIA

POLA MAKAN SEHAT BAGI LANSIA

SEIMBANG: Untuk orang lanjut usia (lansia) sebaiknya terapkan pola makan seimbang dan perhatikan asupan protein, kalsium dan vitamin D.

Nutrisi merupakan hal penting dalam mempertahankan kesehatan untuk semua orang. Hal itu tidak berubah seiring dengan bertambahnya usia.

Justru saat Anda bertambah usia, beberapa zat gizi dibutuhkan lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Misalnya, kalsium dan vitamin D untuk tulang.

Hal utama yang patut diperhatikan oleh para lansia adalah asupan cairan. Yang terkadang menjadi kendala adalah, para lansia cenderung tidak suka minum. Padahal, mereka membutuhkan cairan seperti orang normal lainnya yaitu sekitar 1,5 liter atau delapan gelas air per hari.

Ada beberapa hal dalam menerapkan pola makan yang perlu Anda ketahui saat memasuki masa lanjut usia (lansia) berdasarkan panduan dari Cleveland Clinic :

  • Orang yang lanjut usia seharusnya mengonsumsi 1-1,2 gram protein per hari per kilogram (kg) berat badan. Contohnya, jika seorang lansia memiliki berat badan 70 kg maka seharusnya memperoleh 70-100 gram protein per hari. Khusus yang memiliki gangguan pada ginjal, sebaiknya konsultasi dengan dokter mengenai asupan protein yang aman.
  • Para lansia membutuhkan 1.000 miligram (mg) kalsium per hari dan 1.000 unit vitamin D per hari.
  • Lansia sebaiknya memerhatikan asupan buah dan sayuran sebagai penyeimbang makanan sehari-hari.
  • Lansia seharusnya mengonsumsi multivitamin jika pola makan mereka tidak seimbang, sehabis sakit atau berat badan berkurang. Vitamin tidak termasuk protein.
  • Ingat untuk mengonsumsi cairan yang cukup setiap hari. (healthday/ri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: