Posted by: anggaway89 | May 25, 2010

Para Juara di Eropa

Saat ini musim 2009-2010 kompetisi sepak bola di Eropa sudah mencapai puncaknya. Sejumlah kompetisi besar di Eropa sudah merampungkan semua pertandingannya di musim ini dan tentunya menghasilkan para juara baik yang baru atau juara bertahan.

Banyak kejadian dramatis dan menegangkan yang mewarnai berakhirnya perjuangan berat semua klub dalam mengarungi panjangnya kompetisi di musim ini. Tetapi seiring berakhirnya musim, selalu akan menjadi cerita yang paling indah bagi para juara, yang dengan senyum lebar penuh kelegaan dan kebanggaan mengangkat tinggi-tinggi trofi juara mereka.

LIGA CHAMPIONS
Diego Milito mencetak dua gol ketika Inter Milan mengalahkan Bayern Munich 2-0 di final Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Minggu dini hari (23/5).

Gol Milito dicetak pada menit ke-35 dan 70 setelah memperdaya pemain belakang lawan.

Sukses Inter juga menjadi catatan tersendiri bagi pelatih Jose Mourinho yang menjadi pelatih ketiga yang mampu mempersembahkan gelar juara Liga Champions bagi dua klub berbeda.

Bagi Inter, gelar juara kompetisi antar klub paling bergengsi di Eropa dan juga dunia itu adalah yang pertama sejak 1965.

Inter juga menjadi klub pertama Italia yang mampu merebut tiga gelar juara sekaligus dalam satu musim kompetisi, yaitu Liga Italia Seri A, Piala Italia dan Liga Champions.

LIGA EUROPA
Striker Uruguay Diego Forlan mencetak dua gol, termasuk satu dalam perpanjangan waktu, ketika memberi kemenangan 2-1 untuk Atletico Madrid saat melawan Fulham pada pertandingan final Liga Eropa, Kamis dini hari (14/5).

Bagi Atletico, kemenangan itu merupakan kemegahan tiada taranya di Jerman, karena merupakan ulangan kesuksesan mereka ketika melawan Fiorentina di Stuttgart pada 1962. Kemenangan itu merupakan yang terbesar bagi klub itu setelah meraih gelar ganda pada musim 1996.

Sedangkan bagi pelatih Fulham, Roy Hodgson, itu merupakan ulangan dari kekalahan yang dialaminya di final Piala UEFA 13 tahun lalu, ketika bersama Inter Milan ketika kalah adu penalti atas Schalke 04.


INGGRIS
Di Inggris hanya ada satu klub yang tersenyum begitu lebar di akhir musim. Klub itu adalah Chelsea yang berhasil meraih double dengan menjadi juara Liga Premier Inggris dan Piala FA.

Chelsea menjamin mahkota juara Liga Premiernya dalam penampilan yang luar biasa dengan menghancurkan Wigan Athletic 8-0 dalam suasana pesta di Stamford Bridge, Minggu (9/5).

Didier Drogba mencetak hat-trick untuk menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Primer dengan 29 gol dan membawa tim asuhan Carlo Ancelotti itu memenangi lomba perebutan gelar dengan keunggulan satu angka atas Manchester United, yang mengalahkan Stoke City 4-0. Nicolas Anelka mencetak dua gol, sedangkan Frank Lampard, Salomon Kalou, dan Ashley Cole masing-masing mencetak satu gol.

Chelsea mengakhiri musim ini dengan catatan 103 gol yang dicetak di ajang liga. Itu adalah catatan tertinggi yang pernah dicetak sebuah klub di ajang Liga Premier Inggris. Chelsea juga berhasil menggagalkan Manchester United untuk memecahkan rekor dengan meraih gelar juara liga ke 19 dan mendapatkannya kali keempat secara beruntun.

Chelsea berhasil menang tipis 1-0 atas Portsmouth dalam final Piala FA yang berlangsung dramatis di stadion Wembley, Sabtu (15/5). Didier Drogba memastikan kemenangan Chelsea pada menit ke-59 melalui tendangan bebas. Kemenangan tersebut membuat klub London Barat itu menjadi juara piala FA 2 tahun beruntun setelah musim lalu Chelsea berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Everton di final musim 2008-2009.


ITALIA
Inter Milan menjadi satu-satunya klub di daratan Italia yang menutup musim ini dengan catatan indah juara. Mereka berhasil meraih gelar juara Coppa Italia dan Liga Italia Serie A.

Inter merebut trofi juara Coppa Italia setelah mengalahkan AS Roma 1-0 dengan permainan menarik di babak final yang berlangsung keras. Striker Diego Milito melakukan tendangan keras dari jarak sekitar 40 meter untuk mencetak gol tunggal timnya di pertandingan itu.

Pertemuan kedua klub itu di final Piala Italia menjadi pertemuan kelima mereka di 6 final Coppa Italia terakhir.

Inter Milan menjadi juara Liga Italia Serie A untuk kelima kalinya secara beruntun setelah Diego Milito mencetak satu-satunya gol ketika mengalahkan tuan rumah Siena, pada hari Minggu (16/5). Sementara AS Roma harus puas menduduki posisi kedua, dengan selisih dua angka di bawahnya meskipun mereka menang 2-0 di kandang Chievo.

Kemenangan tersebut merupakan Scudeto mereka yang ke-18. Roma seharusnya masih mempunyai kesempatan untuk menjadi juara, tetapi dengan syarat mereka harus berhasil meraih kemenangan dan Inter harus mengalami kekalahan. Namun dengan kemenangan yang diraih oleh kedua tim, nampaknya mimpi Roma harus kandas.

SPANYOL
Barcelona berhasil mempertahankan gelar juara La Liga mereka melalui kemenangan di pertandingan terakhir liga lawan Real Valladolid dengan skor 4-0, Senin dini hari (17/5).

Pedro memaksa pemain Valladolid, Luis Prieto, melakukan bunuh diri pada menit ke-27 dan beberapa waktu kemudian dia menggandakan keunggulan setelah menerima umpan bagus dari Lionel Messi. Messi memastikan kemenangan timnya dengan mencetak dua gol pada babak kedua, sehingga total golnya musim ini menjadi 34.

Barca mengakhiri musim ini dengan rekor jumlah kemenangan dengan mengumpulkan angka sebanyak 99 poin, tiga angka di atas Real Madrid yang ditahan imbang 1-1 di Malaga.

Sevilla meraih gelar juara Piala Raja untuk kedua kalinya dalam empat tahun ini, setelah mereka unggul 2-0 pada pertandingan final melawan Atletico Madrid, Kamis dini hari (20/5).

Kemenangan tersebut diraih lewat gol Diego Capel dan pemain sayap Jesus Navas mencetak gol kedua menjelang akhir pertandingan.


JERMAN
Bayern Munich meraih gelar juara liga utama Jerman setelah mengalahkan Hertha Berlin 3-1 pada Sabtu (8/5), dan sekaligus mengukir rekor gelar liga ke-22.

Arjen Robben mencetak dua gol setelah Ivica Olic membuat gol awal pada menit ke-20, namun Adrian Ramos mampu menyamakan kedudukan bagi tim Berlin itu satu jam kemudian.

Bayern yang mengakhiri perjalanan liga dengan mengemas 70 poin, mencatat lima poin lebih unggul dari posisi kedua Schalke 04 yang hanya bermain imbang tanpa gol di Mainz. Namun tim itu sudah memastikan berada di posisi kedua yang tentunya akan berhak bermain di Liga Champion musim depan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: