Posted by: anggaway89 | May 28, 2010

F1 Kembali ke Amerika Mulai 2012

F1

Formula Satu akan kembali ke daratan Amerika mulai 2012 dengan tenggang masa 10 tahun, di ibukota Teksas, Austin, demikian diumumkan bos komersial Bernie Ecclestone, Selasa.

“Untuk pertama kali sejak Formula Satu diadakan di Amerika. Fasilitas kelas dunia akan dibangun menyongsong perlombaan itu,” kata tokoh dari Inggris itu dalam laman resmi (formula1.com).

Dalam laporan itu disebutkan, Austin, kota terbesar ke-15 di Amerika Serikat, akan menjadi tuan rumah hingga 2021.

“Kami benar-benar tersanjung dan bangga dengan adanya persetujuan dengan pemegang hak siar komersial F1,” kata Tavo Hellmund, mitra kerja promotor yang berkedudukan di Austin, promotor lomba Full Throttle Productions, LP.

“Kami sudah berusaha dalam beberapa tahun ini agar Austin menjadi tuan rumah penyelenggara perlombaan, di negara bagian Teksas dan berarti di Amerika Serikat,” katanya.

Amerika Serikat terakhir kali sebagai tuan rumah penyelenggara perlombaan F1 pada 2007 di Indianapolis, dimenangi pembalap McLaren Lewis Hamilton.

Sejak kerja sama itu berakhir, Ecclestone berusaha mencari tempat lain di negara itu, termasuk kerja sama tim dan pabrik kendaraan serta sponsor, yang menginginkan lomba kembali diadakan di negara yang paling besar pasarnya itu.

Spekulasi beberapa waktu ini menyebutkan perlombaan akan diadakan di dekat New York, atau kembali Las Vegas atau sirkuit di California dan Florida.

Williams Gembira

Ketua Eksekutif Williams, Adam Parr, menyambut baik pengumuman tentang lomba di AS itu.

“Kerja yang bagus, Bernie,” katanya kepada Reuters, “Ia berjanji mencarikan tempat perlombaan hebat di Amerika dan kini ia mengumumkannya.”

“Ini olahraga global dan bila tidak ada perlombaan di Amerika rasanya ada yang kurang dalam kalender tahunan,” kata Parr, yang sponsor timnya adalah perusahaan raksasa telekomunikasi AS AT&T.

“Mitra kerja kami dan calon mitra lainnya akan tergetar dengan pengumuman ini,” katanya.

“Ini merupakan langkah raksasa ke depan,” katanya.

Banyak sirkuit di Amerika sudah pernah menjadi tuan rumah perlombaan dalam beberapa tahun ini, termasuk Dallas di Texas city pada 1984, dilangsungkan di jalanan umum.

Watkins Glen di New York merupakan sirkuit permanen terakhir menjadi tuan rumah pada 1980. Perlombaan di Indianapolis merupakan sirkuit oval yang disukai para pembalap.

“Ini merupakan waktu yang tepat pada tempat yang tepat,” kata Hellmund.

“Austin merupakan lokasi kombinasi antara lokasi bagus dan pemandangan menarik. Tempat makam malam yang hebat, transportasi dan infrastruktur bagus serta beberapa tempat yang sudah diperbaharui, membuat Austin amat ideal menjadi tuan rumah,” katanya.

Sumber: http://www.bola.net/otomotif/f1-kembali-ke-amerika-mulai-2012.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: