Posted by: anggaway89 | May 28, 2010

Kompetisi IBL Resmi Berubah Menjadi NBL

Liga basket tertinggi di Indonesia yang dikenal dengan Indonesia Basketball League (IBL) resmi berubah menjadi National Basketball League (NBL).

Pergantian identitas baru itu juga didukung sejumlah perubahan di antaranya adalah perubahan jadwal kompetisi dan penambahan jumlah pertandingan.

“Nama IBL sudah identik dengan kompetisi yang tidak heboh. Dengan nama baru menjadi NBL kami berharap bisa lebih baik,” kata Commissioner NBL Indonesia, Azrul Ananda, di sela-sela pengumuman nama di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, sebelum mengelola kompetisi basket di Indonesia pihaknya terlebih dahulu mendapatkan permintaan dari beberapa klub agar mengambil alih IBL.

Setelah melakukan koordinasi dengan semua pihak, akhirnya diputuskan untuk mengelola kompetisi itu dengan berbagai perubahan termasuk nama kompetisi.

“Banyak yang mendorong kami untuk mau, dengan alasan untuk membantu basket Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh klub, PB Perbasi, para penggemar atas kepercayaan ini,” katanya.

Ia menjelaskan untuk kompetisi musim 2010/2011 akan diselenggarakan Oktober 2010 hingga Februari 2011. Sedangkan kompetisi pre-season digelar bulan Juli 2010.

Kompetisi ditutup dengan Championships Series pada Maret 2011. Delapan klub terbaik akan berkumpul jadi satu tempat lalu saling menggugurkan lewat sistem single game elimination. Tim yang bertahan sampai akhir dinobatkan sebagai pemenang NBL 2010/2011.

“Format ini sangat mendebarkan. Setiap tim hanya punya satu kesempatan untuk menang dan lolos. Yang jelas seperti NCAA di Amerika,” katanya.

Ia menambahkan secara keseluruhan NBL Indonesia akan menyelenggarakan 166 pertandingan pada musim 2010/2011 jauh lebih banyak dibandingkan IBL, termasuk turnamen. Jumlah pertandingan IBL terakhir hanya 130.

“Lebih banyak game, lebih banyak pengalaman bertanding untuk semua tim. Lebih banyak juga hiburan untuk penggemar,” kata Azrul.

NBL 2010/2011 secara resmi akan diikuti 10 klub di antaranya adalah SM Britama, Garuda Flexi Bandung, Bima Sakti Malang, CLS Knight Surabaya, Muba Hang Tuah Palembang, Pelita Jaya dan Stadium Jakarta.

Ketua Umum Muba Hang Tuah Hendri Zainuddin mengaku bangga dengan perubahan pengelolaan dan sistem kompetisi basket di Indonesia yang mulai berlaku musim ini.

“Kami sangat mendukung dan akan berpartisipasi maksimal pada musim ini. Di Pelambang basket mulai berkembang pesat sehingga kami harus mendukungnya,” katanya di sela peluncuran nama baru IBL menjadi NBL.

Sumber: http://www.bola.net/basket/kompetisi-ibl-resmi-berubah-menjadi-nbl.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: