Posted by: anggaway89 | June 3, 2010

10 Tanda Anda Kecanduan Alkohol

Mungkin Anda seorang pecandu alkohol? Berapa persen alkohol yang biasa Anda konsumsi setiap hari? Berapa banyak cangkir Anda menghabiska minuman beralkhohol dalam satu minggu?

Dalam beberapa pesta kecil bersama sahabat mungkin Anda akan disuguhi segelas minuman beralkohol, wine misalnya. Dan minuman tersebut terasa nikmat. Tetapi sepulangnya, Anda ingin minum dan minum lagi. Apakah Anda kecanduan? Cari tahu di sini.

Tentunya Anda pasti tahu bahwa alkohol jika dikonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering menimbulkan kecanduan. Dan kecanduan tersebut berdampak buruk bagi kesehatan mental maupun fisik. Saat tubuh terlalu banyak mengonsumsi alkohol, maka resiko terjangkit kanker akan lebih besar. Penyakit lainpun mengincar kesehatan jiwa Anda. Dan secara mental, Anda cenderung melakukan hal-hal yang berbahaya, seperti menyakiti diri sendiri bahkan orang lain.

Mungkin tanpa Anda sadari, saat ini Anda masuk dalam lingkaran tersebut, kecanduan alkohol. Sayangnya Anda belum sadar benar. Lalu, apa ciri-ciri seseorang kecanduan alkohol?

1. Selalu minum sendiri

Berbeda dengan perayaan ulang tahun atau pernikahan, Anda memilih untuk minum sendirian saja. Entah karena Anda habis putus cinta, atau terlalu banyak tekanan di dalam hidup Anda. Dan Anda memilih untuk minum sebanyak-banyaknya. Lihat saja tumpukan botol atau kaleng di dalam mobil atau kamar Anda. Banyak bukan?

2. Kehilangan banyak waktu penting

Anda melewatkan waktu hangout bersama sahabat-sahabat, Anda bahkan sudah 2 hari absen bekerja, Anda lebih ingin memenuhi nafsu minum Anda ketimbang melakukan kegiatan lain. Dan bahkan Anda mencuri-curi minum di saat Anda sedang bekerja. Sadarlah, Anda telah melewatkan banyak waktu penting.

3. Rutin, lebih dari 3 kali sehari

Jika obat dikonsumsi 3 kali sehari, Anda bahkan dengan senang hati mengonsumsi alkohol lebih dari Anda menikmati jus buah. Inipun tak hanya bertahan sehari, keesokan harinya Anda masih melakukan hal yang sama. Hampir seisi perut Anda isinya alkohol…alkohol dan alkohol. Pokoknya tiada hari tanpa alkohol deh!

4. Sahabat dekat Anda mengingatkan Anda

Tanpa sadar ternyata sahabat Anda telah memperhatikan kebiasaan buruk Anda bersama alkohol. Dan ia mencoba memperingatkan Anda, karena ia merasa bahwa Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Ia menilai Anda telah kecanduan, dan mungkin ia benar.[break]

5. Efek stress

Pada awalnya sih Anda minum alkohol agar lebih rileks dan menghilangkan stres, namun malah Anda semakin stres. Bagaimana tidak stres apabila dalam keadaan kurang tidur, kepala pening dan perut mual Anda masih harus berangkat kerja dan mengerjakan semua tugas dari atasan dengan jadwal deadline.

6. Anda mulai jauh dari keluarga

Jika biasanya Anda selalu bercengkrama hangat dengan keluarga, saat ini bahkan Anda tak tahu mereka di mana. Yang Anda pedulikan hanyalah minum, minum dan minum. Bahkan Anda mulai bersikap kasar pada orang yang Anda kasihi. Meminta mereka agar tak mengurusi Anda, dan membiarkan Anda sendirian saja.

7. Kehilangan nafsu makan

Berkat alkohol, Anda jadi kehilangan nafsu makan. Beef black pepper kesukaan Anda pun tak akan Anda sentuh, dan Anda biarkan sampai dingin. Bahkan mungkin dalam sehari Anda sama sekali tak mengisi perut Anda dengan makanan lain.

8. Penurunan fisik

Anda merasa gugup jika Anda tidak minum alkohol. Namun saat Anda minum, fisik Anda setiap hari semakin lemah. Jantung berdetak tak beraturan, ada rasa sakit di lambung, tubuh terasa panas dingin. Dan konsentrasi serta aktivitas fisik Anda berkurang secara drastis.

9. Anda tak bisa berhenti

Sekalipun Anda mencoba untuk berhenti, namun Anda tak kuasa menahan nafsu dan dorongan untuk minum alkohol. Rasanya tenggorokan selalu haus dan dingin jika tak dihangatkan dengan alkohol. Anda jadi resah dan tak bisa tenang. Dan alhasil, Anda kembali minum alkohol.

10. Anda jadi pemarah

Anda sangat mudah marah jika Anda tak bisa menyentuh alkohol. Bahkan Anda mengacuhkan semua orang. Sampai-sampai atasan memberi tugaspun Anda tak peduli. Anda akan berusaha bagaimana caranya supaya bisa minum. Dengan begitu Anda akan merasa lebih tenang dan nyaman.

Jika Anda merasa semua gejala tersebut sedang ada di dalam diri Anda. Coba untuk hubungi dokter Anda, dan minta ia merujuk Anda pada pusat rehabilitasi kecanduan terhadap alkohol. Jangan ditunda, sebelum alkohol benar-benar menghancurkan hidup Anda


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: