Posted by: anggaway89 | June 3, 2010

7 Cara Cegah Kanker Payudara

Mohon jangan berpikir negatif dulu tetanggambar ini. Berikut ini adalah artikel yang saya rasa penting untuk diketahui, khususnya untuk para remaja putri dan juga ibu-ibu.

Kanker payudara adalah kanker yang menyerang jaringan payudara. Pada umumnya kanker jenis ini lebih banyak diderita oleh kaum hawa. Gejala kanker payudara ini agak sulit dikenali, karena tak ada rasa nyeri pada payudara. Namun, timbul benjolan yang semula berukuran kecil dan semakin lama semakin besar di payudara. Ciri-ciri pada umumnya, kulit puting susu menjadi tertarik ke dalam, warnanya merah muda atau kecoklatan, lambat laun akan mengerut seperti kulit jeruk atau bahkan jika keadaan cukup parah, maka akan timbul borok pada payudara. Borok, yang disebut sebagai ulkus dalam istilah kedokteran, akan semakin membesar, mendalam dan menghancurkan seluruh bagian payudara.

Selain itu, jika kondisi masuk ke stadium yang lebih lanjut, seringkali terjadi pendarahan pada puting susu. Dan rasa nyeri mulai terasa saat sel kanker sudah membentuk tumor yang besar. Tak jarang pula, timbul pembesaran kelenjar getah bening di ketiak, dan lengan menjadi bengkak. Pada fase ini, kanker mulai menyebar ke seluruh tubuh.

Membaca gejala tersebut tentunya membuat Anda begidik. Ya, siapa sih yang mau terserang penyakit yang menjadi momok bagi wanita ini? Tentunya Anda juga tak mau bukan? Nah, kalau begitu yuk kita ikuti 7 langkah mencegah kanker agar payudara kita tetap sehat.

1. Menjaga berat badan normal tubuh

Adalah suatu hal yang penting untuk menjaga berat normal tubuh. Karena saat tubuh kelebihan berat badan, maka banyak sumber penyakit yang mengincar dan segera memilih sarang, seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes dan termasuk kanker payudara. Woman tidak menyarankan Anda untuk diet ketat mati-matian dan tidak makan, tetapi justru diet sehat dan seimbang sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh.

2. Mandi keringat

Mungkin terbayang di benak Anda saat membaca ‘mandi keringat’ dan berarti Anda akan mandi dengan air keringat. Oh, tidak bukan begitu maksud Woman. Mandi keringat yang dimaksud di sini adalah berolahraga sampai Anda berkeringat. Jalan sehat selama 30-60 menit sehari misalnya, Anda boleh menyepelekan olahraga yang satu ini, namun Anda tak akan pernah menyangka bahwa dengan berjalan 30-60 menit sehari Anda sudah membantu membakar lemak di tubuh.[break]

3. Kurangi dan hindari alkohol

Riset mengatakan, terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat memicu kanker payudara. Jika Anda pecinta alkohol atau red wine, coba gantikan minuman tersebut dengan buah anggur segar, di mana kulit anggur mengandung resveratol yang dapat menghindarkan Anda dari resiko kanker payudara.

4. Perbanyak konsumsi sayuran

Sekali lagi Woman ingatkan, untuk menerima lamaran dan menikah dengan sayuran. Biarkan sepanjang menu hidup Anda diwarnai dengan aneka sayuran hijau dan berwarna. Tujuannya adalah untuk mencukupi nutrisi tubuh, di mana setiap nutrisi memegang peranan penting, dan khususnya mencegah sel-sel kanker merusak tubuh.

5. Kenali sejarah kesehatan keluarga Anda

Seperti dilansir oleh Womenshealthmag, 15% kasus kanker payudara yang dialami wanita adalah kasus keturunan dari keluarga. Dikatakan oleh dokter Freeman bahwa jika kita memiliki salah satu anggota keluarga yang pernah mengalami kanker payudara, maka kita juga memiliki resiko double mengidap kanker payudara.

6. Periksakan secara rutin

Hanya 1 dari 10 wanita yang memeriksakan kesehatannya secara rutin, termasuk mengecek kondisi payudara. Kebanyakan di antara kita tak peduli dan merasa sudah sehat, kemudian mengabaikan gejala-gejala yang timbul, dan menyesal saat menyadari bahwa mereka sudah menginjak stadium lebih lanjut.

Jangan biarkan hal ini terjadi pada Anda. Mulailah peduli pada kesehatan diri Anda. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar Anda terhindar dari segala macam penyakit, khususnya kanker payudara.

7. Stop smoking!

Tentunya Anda sudah membaca pada label kemasan rokok, tentang peringatan-peringatan yang disampaikan, termasuk peringatan akan bahaya ancaman kanker. Bagi sebagian besar wanita, merokok mungkin sudah menjadi bagian gaya hidup dan kebutuhan. Namun tetap perlu diingat bahwa setiap saat kesehatan Anda terancam. Jadi, ada baiknya Anda mencoba hidup sehat dan berhenti merokok demi kesehatan Anda.

Jangan lupa, bagikan pula 7 tips mencegah kanker payudara ini pada sahabat dan orang-orang yang Anda sayangi. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan?

Sumber: http://woman.kapanlagi.com/kesehatan//4269-7-cara-cegah-kanker-payudara.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: