Posted by: anggaway89 | June 3, 2010

Memerangi Teror Bau Mulut

Bau mulut, menjadi penghalang bagi Anda yang sering berkomunikasi dengan orang banyak. Tidak terkecuali saya sendiri. Bau mulut menjadikan Anda kurang percaya diri saat berbicara dengan orang lain. Padahal Anda juga sudah mengunjungi dokter gigi, dan tidak ada kerusakan/ penyakit pada gigi. Namun, lagi-lagi teror bau mulut itu datang menghantui lagi. Apa yang harus Anda lakukan?!

Anda sudah mempraktekkan beberapa tips atasi bau mulut yang pernah Anda baca, namun bau mulut masih saja tetap datang mengganggu, membuat Anda minder jika harus berbicara dalam jarak dekat dengan lawan bicara. Bagaimana dong? Jangan khawatir! Berikut ini ada beberapa tips tambahan yang bisa Anda terapkan untuk mengusir teror bau mulut.

Sering sikat gigi

Mayoritas penyebab mulut bau biasanya dikarenakan adanya sisa makanan yang menempel di rongga gigi. Keadaan ini memberi kesempatan bagi bakteri untuk bertumbuh subur. Tentunya keadaan mulut yang demikian amat sangat menjijikkan jika kita bisa mengamatinya secara langsung. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu sikat gigi setelah makan, apalagi jika makanan yang dimakan mengandung asam. Atau, paling minim, sikatlah gigi Anda 2 kali sehari, pagi dan malam.

Hal yang tak boleh dilupakan saat menyikat gigi adalah membersihkan lidah dengan alat pembersih khusus. Ini akan menyebabkan bakteri yang melekat di lidah jadi hilang. Anda juga bisa menggunakan produk bantuan seperti mouthwash atau floss.[break]

Sering makan

Jarang makan juga bisa menyebabkan udara dalam mulut jadi bau/ pengap. Mulut yang sering mengunyah makanan memiliki kesempatan untuk terbuka lebih sering dibanding mulut yang hanya terkatup saja dari pagi hingga siang hari.

Meski harus sering makan, namun bukan berarti bahwa sembarang makanan boleh masuk dalam mulut Anda. Beberapa makanan bisa menimbulkan bau tak sedap bagi nafas, misalnya seperti petai, jengkol, dan bawang. Hindari makanan ini jika Anda ada janji kencan atau wawancara. Namun, jika susah untuk menghindarinya, maka kunyahlah permen karet atau permen mint untuk menetralisir baunya.

Hindari kopi dan alkohol

Keduanya menyebabkan mulut menjadi kering. Sebaliknya, pilihlah air putih sebagai air minum Anda.

Minyak ajaib

Peppermint dan tea tree oils memberi kesan menyegarkan. Keduanya juga bisa membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Aplikasikan beberapa tetes secara langsung pada lidah Anda atau pakailah bersamaan dengan odol saat menyikat gigi.

Sumber: http://woman.kapanlagi.com/kesehatan/3175-memerangi-teror-bau-mulut.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: